Review Sony Cyber-shot DSC-QX30 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Posted by

CamdigSony - Kali ini kita akan mencoba membahas tentang review kamera Sony Cyber-shot DSC-QX30. Beberapa hari yang lalu kita sudah membahas tentang kamera Sony Alpha QX1 yang merupakan saudara dari kamera yang akan kita bahas kali ini. Seperti halnya kamera QX-series yang lain, QX30 juga memiliki konsep yang sama yaitu kamera yang bisa mengubah dunia fotografi semakin menarik. Dalam berbagai hal kamera ini memang berbeda dari kebanyakan kamera yang lain. Jika kebanyakan kamera berbentuk konvensional dengan body dan lensa QX-series memiliki bentuk layaknya sebuah lensa saja. Sedangkan untuk live view dan menu navigasi menggunakan smartphone atau perangkat lain yang kompatibel.

Dengan bentuk fisik yang unik dan ukurannya yang kecil dan ringan akan mempermudah pengguna dalam mengoperasikan kamera, baik digunakan dengan melekatkannya dengan ponsel pintar atau jarak jauh. Meskipun kecil dan ringan kamera QX30 ini tidak bisa dianggap enteng. Menawarkan kualitas gambar hingga 20.4 megapixel bukan perkara yang enteng, apalagi ditambah dengan kemampuan zoom hingga 30X membuat kamera kecil ini tidak sekecil bentuknya dalam hal performa. QX30 mengusung sensor Exmor R CMOS berukuran 1/2.3" dan lensa Sony G dengan focal length 35mm yang setara dengan 24-750mm. Dengan lensa tersebut QX30 akan menyediakan beragam focal length serbaguna yang dapat menggabungkan wide angle yang presisi untuk kemampuan long telephoto. Selain itu dengan melampirkan SteadyShot optical image stabilization akan memberikan kinerja dalam menangkap cahaya rendah secara efektif.

Kamera mungil ini menambahkan built-in Wi-Fi yang berfungsi untuk menghubungkan kamera dengan perangkat smartphone Android maupun iPhone yang menggunakan PlayMemories Mobile App sebagai live view dan kontrol kamera.  Dengan adanya NFC (Near Field Communiction) pada smartphone Android memungkinkan koneksi Wi-Fi hanya dilakukan dengan sekali tekan dan terhubung dalam waktu beberapa detik saja. Setelah koneksi Wi-Fi terhubungpengguna dapat melakukan pemotretan dengan kamera melekat pada ponsel atau bisa juga menjadikan ponsel sebagai remote control jarak jauh. Sebenarnya kamera ini bisa juga digunakan langsung tanpa memerlukan ponsel sebagai live view namun pengguna tidak bisa melihat secara langsung subjek saat membidik. Sebagai media penyimpanan kamera ini dilengkapi dengan slot Memory Stick Micro, Memory Stick Micro II dan microSD.

Review Sony Cyber-shot DSC-QX30 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Hal lain yang tak kalah menarik dalam menggunakan kamera adalah untuk merekam video. Sekalipun kecil kamera ini mampu memberikan kualitas HD 1080 pada 60fps dengan format video MP4, dan masih ditambah lagi dengan adanya built-in microphone stereo yang mendukung capture video. Berbagai fitur menarik juga menjadi daya tarik lainnya, antara lain fitur Intelligent Auto, Superior Auto dan Face Detection. Masih ada lagi sebanyak 44 scene mode pada Superior Auto dan 33 pada menu Intelligent Auto yang berfungsi untuk menyesuaikan subjek dengan kondisi pencahayaan untuk hasil yang maksimal.

Nah setelah membaca Review Kamera Sony Cyber-shot DSC-QX30, kini saatnya anda mempertimbangkannya untuk memiliki kamera canggih ini. Untuk harganya QX30 ditawarkan dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, tentu saja dengan melihat spesifikasi yang ada. Harga yang ditawarkan yaitu sekitar Rp. 4.250.000 saja. Untuk mengetahui secara detail mengenai apa saja yang diusung oleh kamera Sony yang satu ini, simak spesifikasi lengkapnya yang berikut ini. Untuk melihat harga kamera Sony selengkapnya kunjungi daftar harga kamera Sony update terbaru.

Spesifikasi Kamera SOny Cyber-shot DSC-QX30

Body type
Body type Compact
Sensor
Max resolution 5184 x 3888
Image ratio w:h 1:1, 4:3, 3:2, 16:9
Effective pixels 20 megapixels
Sensor photo detectors 21 megapixels
Sensor size 1/2.3" (6.17 x 4.55 mm)
Sensor type BSI-CMOS
Processor Bionz X
Image
ISO Auto, 80-3200
White balance presets 6
Custom white balance No
Image stabilization Optical
Uncompressed format No
JPEG quality levels Normal
Optics & Focus
Focal length (equiv.) 24–720 mm
Optical zoom 30×
Maximum aperture F3.5 - F6.3
Autofocus Contrast Detect (sensor), Multi-area, Selective single-point, Single, Touch, Face Detection, Live View
Digital zoom No (2X)
Manual focus No
Normal focus range 5 cm (1.97″)
Screen / viewfinder
Articulated LCD No
Touch screen Yes (via smartphone)
Screen type Depends on connected smartphone
Live view Yes (via smartphone)
Viewfinder type None
Photography features
Minimum shutter speed 4 sec
Maximum shutter speed 1/1600 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode No
Subject / scene modes No
Built-in flash No
External flash No
Flash modes None
Continuous drive 10.0 fps
Self-timer Yes (2, 10 secs)
Metering modes Multi
Exposure compensation ±2 (at 1/3 EV steps)
WB Bracketing No
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60p, 30p)
Format MPEG-4
Microphone Stereo
Speaker None
Storage
Storage types microSD, microSDHC, microSDXC, Memory Stick Micro
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI No
Wireless Built-In
Wireless notes 802.11b/g/n with NFC
Remote control Yes (via smartphone)
Physical
Environmentally sealed No
Battery Battery Pack
Battery description NP-BN, NP-BN1
Battery Life (CIPA) 200
Weight (inc. batteries) 193 g (0.43 lb / 6.81 oz)
Dimensions 68 x 65 x 58 mm (2.68 x 2.56 x 2.28″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording No
GPS None


Blog, Updated at: 02.36