Harga Kamera Mirrorless Sony Alpha 7 II Review dan Spesifikasi

Posted by

Camdig Sony - Akhir tahun yang lalu, Sony sebagai salah satu produsen kamera yang cukup layak diperhitungkan namanya telah mengeluarkan produk terbarunya. Kamera terbaru milik Sony ini masuk pada jajaran kamera mirrorles kelas atas dengan sensor full frame nya. Review kamera mirrorless Sony Alpha 7 II kali akan membahas berbagai macam teknologi dan fitur yang melekat pada kamera mirrorless tersebut. Akhir-akhir ini Sony memang lebih cenderung untuk fokus terhadap produksi kamera mirrorles jika dibanding dengan para kompetitor raksasa lainnya. Sebelumnya Sony juga telah merilis produknya yang lain seperti Sony Alpha 7S yang juga salah satu kamera mirrorless milik sony. Lalu selanjutnya kita akan melihat lebih jauh lagi apa saja yang ditawarkan oleh Sony melalui Sony Alpha 7 II, berikut penjelasannya.

Kamera Sony Alpha 7 II merupakan sebuah kamera mirrorless yang dibangun dengan kekuatan sensor full frame dengan resolusi 24 megapixel. Sensor yang diusung oleh Sony pada kamera baru nya menggunakan teknologi baru yang dikenalkan dengan nama 5-axis sensor-shift image stabilization. Teknologi sensor ini merupakan yang pertama digunakan pada kamera mirrorless full frame nya Sony. Menurut keterangan dari pihak Sony sendiri sistem image stabilization (IS) ini mampu mengurangi adanya getaran hingga 4,5 stops berdasarkan standar dari CIPA. Ketika kamera digunakan dan dikombinasi dengan lensa E-mount OSS, kamera akan medeteksi serta menggunakan kombinasi stabilisasi baik di lensa maupun pada body kamera. Keuntungan yang didapatkan sudah cukup jelas, yaitu bahwa kamera akan menghasilkan sebuag gambar dengan ketajaman yang meningkat.

Alpha 7 II merupakan kamera penerus dari Sony Alpha 7 yang dirilis pada 2013 yang lalu, sehingga Alpha 7 II masih mempertahankan apa yang digunakan pada kamera pendahulunya tersebut. Dalam hal ini Sony Alpha 7 II masih memanfaatkan 117 fase deteksi dan 25 kontras deteksi yang digunakan juga oleh Alpha 7. Namun untuk kamera baru telah mengalami peningkatan dalam hal kecepatan yang saat ini diklaim meningkat 30% pada kecepatan autofokus. Begitu juga dengan kinerja pelacakan juga meningkat sebanyak 1,5x dibanding dengan pendahulunya. Hal ini menurut Sony tidak lepas dari pengaruh properietary image analysis technology. Teknologi ini memanfaatkan informasi yang didapat dari subjek, kemudian mengunci fokus pada subjek tersebut.

Selanjutnya adalah tentang kemampuan merekam video pada Alpha 7 II. Kamera mirrorless ini baru ini kini telah mendukung XAVC S codec sehingga kamera mampu merekam video full HD 1080/60p pada 50Mbps. Selain itu kamera ini juga telah mendukung S-log2 yang berfungsi untuk menangkap dynamic range yang luas pada perkaman video untuk grading.

Dari desain body kamera Sony juga melakukan perubahan dan perbaikan guna memberi kemudahan dalam pengoperasian kamera. Perubahan terbesar akan terlihat pada pegangan kamera, di mana pegangan kamera akan terasa lebih besar dan lebih kokoh saat pengguna melakukan penembakan. Selain itu Sony juga merelokasi letak command dial yang kini terletak dibagian depan kamera tepat di atas pegangan. Demikian juga dengan tombol shutter releasi diletakkan pada posisi yang lebih alami yaitu pada bagian atas command dial di mana sekarang telah menggunakan bahan magnesium alloy, bukan plastik lagi. Perbaikan lain juga terjadi pada tata letak lensa yang telah diperkuat, tujuan nya adalah agar kamera lebih stabil saat dipasangkan dengan lensa yang berat.

Jika dilihat dari review kamera mirrorless Sony Alpha 7 II di atas, tidak banyak spesifikasi yang berubah. Namun Sony melakukan perbaikan dalam banyak hal baik dari body maupun dari kinerja yang dalam kamera baru meningkat cukup tajam dalam sistem autofokus nya jika dibanding dengan pendahulunya. Lalu berapa yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kamera ini? Sony mematok harga Rp. 20.949.000 (Body) dan Rp. 26.850.000 (dengan lensa 28-70mm). Untuk lebih jelasnya mengenai Sony Alpha 7 II simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini. Untuk harga kamera yang lain silahkan kunjungi Daftar Harga Kamera Sony Terbaru.

Harga Kamera Mirrorless Sony Alpha 7 II Review dan Spesifikasi

Spesifikasi Kamera Mirrorless Sony Alpha 7 II 

Body type
Body type SLR-style mirrorless
Body material Magnesium alloy
Sensor
Max resolution 6000 x 4000
Other resolutions 6000 x 3376, 3936 x 2624, 3936 x 2216, 3008 x 1688, 3008 x 2000
Image ratio w:h 3:2, 16:9
Effective pixels 24 megapixels
Sensor photo detectors 25 megapixels
Sensor size Full frame (35.8 x 23.9 mm)
Sensor type CMOS
Processor Bionz X
Color space sRGB, AdobeRGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO 100-25600
White balance presets 10
Custom white balance Yes
Image stabilization Sensor-shift
Image stabilization notes 4.5 stops
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Extra fine, fine, standard
File format JPEG (DCF 2.0, EXIF 2.3)
RAW (ARW 2.3)
Image parameters Standard, Vivid, Neutral, Clear, Deep, Light, Portrait, Landscape, Sunset, Night Scene, Autumn Leaves, Black & White, Sepia
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Autofocus assist lamp Yes
Digital zoom Yes (4)
Manual focus Yes
Number of focus points 117
Lens mount Sony E (NEX)
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3″
Screen dots 1,230,000
Touch screen No
Screen type Xtra Fine LCD
Live view Yes
Viewfinder type Electronic
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.71×
Viewfinder resolution 2,359,000
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Exposure modes Auto, Program, Aperture priority, Shutter priority, Manual, Scene Selection, Sweep Panorama, Movie
Scene modes Portrait, Landscape, Macro, Sports Action, Sunset, Night Portrait, Night Scene, Hand-held Twilight, Anti Motion Blur
Built-in flash No
External flash Yes (via Multi Interface shoe)
Flash X sync speed 1/250 sec
Drive modes Single, continuous, speed priority continuous, self-timer, bracketing (AE, white balance, DRO)
Continuous drive 5.0 fps
Self-timer Yes (2 or 10 sec; continuous (3 or 5 exposures))
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±5 (3, 5 frames at 1/3 EV, 1/2 EV, 2/3 EV, 1 EV, 2 EV steps)
WB Bracketing Yes
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60p, 60i, 24p), 1440 x 1080 (30p), 640 x 480 (30p)
Format MPEG-4, AVCHD, XAVC S
Videography notes Supports XAVC S codec (50Mbps) and S Log2 flat picture profile
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC, Memory Stick Duo/Pro Duo/Pro-HG Duo
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (micro-HDMI port with 4K still, uncompressed video output)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes with NFC and wireless control via PlayMemories Mobile app
Remote control Yes (wired)
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description NP-FW50 lithium-ion battery and charger
Battery Life (CIPA) 350
Weight (inc. batteries) 599 g (1.32 lb / 21.13 oz)
Dimensions 127 x 96 x 60 mm (5 x 3.78 x 2.36″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording No
GPS None


Blog, Updated at: 04.09