Review Kamera Mirrorless Sony Alpha 7S Harga dan Spesifikasi Lengkap

Posted by

Camdig Sony - Sony sebagai produsen kamera kelas atas telah mengumumkan sebuah kamera mirrorless full frame dengan nama Sony Alpha 7S. Kamera canggih ini dirancang dan dikembangkan dengan kemampuan yang seimbang antara stills dan video. Kamera dengan sensor 12 megapixel ini memiliki kemampuan membaca sensor dengan kecepatan tinggi untuk keluaran 8-bit 04:02:02 4K video via HDMI hingga 30ptanpa membutuhkan line skipping dan pixel binning. 

Dengan kemampuan yang sangat menakjubkan maka dapat dipastikan bahwa kamera tersebut mampu memberikan kualitas tinggi untuk menghasilkan video 1080/60p dan dapat merekam secara internal. Hal ini membedakannya dengan Sony a7 dan a7R, Sony Alpha 7S tidak dibatasi oleh standar AVCHD namun justru malah menawarkan sistem XAVC S dengan bit rate hingga 50Mbps.

Berikut ini adalah beberapa teknologi canggih yang ditawarkan oleh Sony dalam Sony Alpha 7S untuk memanjakan anda mengoperasikan kamera untuk menghasilkan gambar maupun rekaman video dengan kualitas tinggi.

Sensor

Kamera terbaru Sony Alpha 7S telah mengalami banyak pengembangan yang sangat signifikan. Sebuah sensor 35mm Exmor CMOS full frame setinggi 12,2 megapixel dijejalkan dalam sebuah kamera mirrorless kecil untuk membantu menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi. Hal tersebut dikombinasikan dengan prosesor gambar BIONZ X dengan kemampuan dan kecepatan tinggi mampu menghasilkan gambar yang sangat maksimal dengan kemampuan menembak hingga pada kisaran sensitivitas ISO 50 hingga 409.600, hal ini diindikasikan belum pernah ada sebelumnya pada kamera lain dengan kemampuan rentang dinamis tinggi namun dengan tingkat noise yang sangat rendah.

Hal lain juga membaut kamera terbaru Sony ini menjadi yang pertama dalam hal kemampuan memanfaatkan seluruh lebar sensor full-frame mengakuisisi video 4K. Kemampuan canggih tersebut membuat Alpha 7S mampu merekam video 4K tanpa memotong atau tanpa line skipping, karena kamera ini memiliki kemampuan membaca dan memproses data pada setiap pixel sensornya. Dengan demikian dalam menembak video 4K kamera dapat memanfaatkan fitur artistik dan kreatif yang ada pada sensor full frame unik ini.

Wide ISO Range dan Dinamyc Range yang mengesankan

Sony tidak perlu diragukan lagi dalam hal sensor gambar mengingat Sony adalah sebuah produsen besar dalam hal ini. Dengan sensor 12,2 megapixel dan kamampuan sensitivitas yang menakjubkan memberikan kemampuan yang sangat luar biasa, memungkinkan Alpha 7S mengumpulkan cahaya lebih banyak dari kamera yang lain, serta memiliki kemampuan menghasilkan gambar yang bagus dengan detail tinggi, menghasilkan gambar low-noise bahkan dalam kondisi pencahayaan yang rendah sekalipun.

Selain hal di atas kamera ini juga telah dibekali dengan fitur baru yaitu tknologi on-sensor yang memungkinkannya untuk mengoptimalkan rentang dinamis memanfaatkan keseluruhan dari kisaran sensitivitas ISO 50 hingga 409.600. Teknologi on-sensor ini juga memperluas jangkauan gradasi tonal di lingkungan terang serta meminimalisir noise dalam lingkungan yang gelap, sehingga memungkinkan kamera untuk memberikan hasil yang sangat mengesankan dalam kondisi ekstrim sekalipun.

Full Pixel Read-out (tanpa pixel binning)

Memanfaatkan kecepatan membaca sensor full-frame 35mm yang tinggi dan dikombinasikan dengan kecepatan yang tinggi pula dari pengolahan data prosesor gambar BIONZ X, akan menambah kemampuan yang signifikan dalam memperbaiki kualitas video secara signifikan. Penggabungan kedua komponen ini sangat kuat dalam memproses data dari seluruh pixel sensor dan output HD serta video 4K (QFHD 3840x2160p). Selain umemanfaatkannya untuk pengambilan gambar pada cahaya rendah, kemampuan membaca dari semua pixel akan membebaskan video dari aliasing, efek moire dan false color artifacts (lawan dari pixel binning) sehingga kualitas video tertinggi mampu dicapai.

Keuntungan pemotretan rendah cahaya
Kisaran sensitivitas ISO yang tinggi dari kamera Sony Alpha 7S sangat baik di efektifkan untuk penmbakan gambar terutama pada kondisi cahaya yang rendah. Dalam hal ini kamera dapat melakukan penembakan dengan kecepatan tinggi namun mampu menjaga noise serendah mungkin. Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk pemotretan dalam ruangan, acara olah raga atau situasi yang lain di mana akmera lain berjuang keras untuk melakukannya.

Kamera ini juga dilengkapi dengan Fast Intelligent AF system presisi tinggi seperti yang diusung oleh Sony a7R. Dengan teknologi tersebut kamera mampu meningkatkan sensitivitas AF secara drastis pada cahaya rendah hingga mencapai -4EV.

Review Kamera Mirrorless Sony Alpha 7S Harga dan Spesifikasi Lengkap

Nah dengan penjelasan di atas maka dari review kamera Sony Alpha 7S dapat disimpulkan bahwa kamera ini memiliki kemampuan melakukan tembakan dalam chaya yang cukup rendah mengandalkan ISO range yang tinggi dan kinerja prosesor gambar BIONZ X yang super cepat, body yang kompak mempermudah dalam pengoperasian kamera. Nah dengan kemampuan tersebut maka kamera ini layak di rekomendasikan untuk ada miliki. 

Harga yang ditawarkan untuk kamera ini sementara belum masuk ke Indonesia, namun untuk memperkirakan harga sekitar Rp. 26.550.000. Untuk mengetahui daftar harga kamera Sony silahkan kunjungi Daftar Harga Kamera Sony Terbaru dan Terlengkap.

Spesifikasi Lengkap Kamera Mirrorless Sony alpha 7S

Body type
Body type SLR-style mirrorless
Body material Magnesium alloy
Sensor
Max resolution 4240 x 2832
Other resolutions 4240 x 2384, 2768 x 1848, 2768 x 1560, 2128 x 1416, 2128 x 1200, 1376 x 920, 1376 x 776
Image ratio w:h 02:16,2
Effective pixels 12 megapixels
Sensor photo detectors 12 megapixels
Sensor size Full frame (35.8 x 23.9 mm)
Sensor type CMOS
Processor Bionz X
Color space sRGB, AdobeRGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 100-102400
White balance presets 10
Custom white balance Yes
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Extra fine, fine, standard
File format JPEG (DCF 2.0, EXIF 2.3)
RAW (ARW 2.3)
Image parameters Contrast, saturation, sharpness
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor)
Multi-area
Center
Selective single-point
Single
Continuous
Face Detection
Live View
Autofocus assist lamp Yes
Digital zoom Yes (2x)
Manual focus Yes
Number of focus points 25
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3″
Screen dots 921
Touch screen No
Screen type TFT-LCD
Live view Yes
Viewfinder type Electronic
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.71×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Exposure modes Auto
Program
Aperture priority
Shutter priority
Manual
Scene modes Portrait, Landscape, Macro, Sports Action, Sunset, Night Portrait, Night Scene, Hand-held Twilight, Anti Motion Blur
Built-in flash No
External flash Yes (via Multi Interface shoe)
Flash X sync speed 1/250 sec
Drive modes Single, continuous, speed priority continuous, self-timer, bracketing (AE, white balance, DRO)
Continuous drive 5 fps
Self-timer Yes (2 or 10 sec; continuous (3 or 5 exposures))
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±5 (3, 5 frames at 1/3 EV, 1/2 EV, 2/3 EV, 1 EV, 2 EV steps)
WB Bracketing Yes
Videography features
Resolutions XAVC S 1080/60p(50Mbps), 30p (50Mbps), 24p (50Mbps). 720 120p (50Mbps). AVCHD 60p (28Mbps), 60i (24Mbps/17Mbps), 24p (24Mbps/17Mbps)
Format MPEG-4, AVCHD, XAVC S
Videography notes XLR support via adapter
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC, Memory Stick Duo/Pro Duo/Pro-HG Duo
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (micro-HDMI port with 4:2:2 8-bit 4K or 1080 video output)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes with NFC and wireless control via smartphone
Remote control Yes (wired)
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description NP-FW50 lithium-ion battery and charger
Battery Life (CIPA) 380
Weight (inc. batteries) 489 g (1.08 lb / 17.25 oz)
Dimensions 127 x 94 x 48 mm (5 x 3.7 x 1.89″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording No
GPS None


Blog, Updated at: 16.08